Jumat, 26 Februari 2010

Menghapus Program Bawaan Windows

Windows XP secara default menyertakan beberapa program yang merupakan komponen Windows. Program-program tersebut diantaranya adalah Notepad, Writepad, Paint, Pinball dan lain sebagainya. Beberapa orang dari Anda mungkin kurang perlu dengan program-program tersebut karena telah menggunakan program pihak ketiga. Misalnya Anda menggunakan Ms. Word sebagai pengganti Writepad, Photoshop sebagai pengganti paint, atau Digsby untuk menggantikan Windows Messenger. Oleh karena itu Anda akan menghapus program-program bawaan Windows tersebut. Anda bisa menghapusnya melalui Add/Remove Windows Components di jendela Add/Remove Programs.

Namun, Windows XP menyembunyikan beberapa program yang merupakan komponen Windows dari daftar Add/Remove Windows Components. Misalnya Writepad, Paint, Pinball dan beberapa program lainnya. Nah, kalau begini bagaimana Anda bisa menghapusnya? Tenang aja, masih ada sebuah triks untuk menghilangkan program-program bawaan Windows seperti Writepad tadi. Berikut langkah-langkahnya:
  1. Buka Run dengan mengklik Start => Run.

  2. Pada kotak dialog run ketik "C:\Windows\inf\sysoc.inf" (tanpa tanda kutip) dan tekan Enter untuk membuka file Sysoc.inf.

  3. Anda juga bisa membukanya melalui jendela Windows Explorer pada path C:\Windows\inf.

  4. Setalah file sysoc.inf terbuka pada Notepad, cari baris yang berisi nama program yang ingin Anda hapus. Contohnya seperti dibawah:

  5. AccessOpt=ocgen.dll,OcEntry,optional.inf,hide,7
    Pinball=ocgen.dll,OcEntry,pinball.inf,hide,7
    MSWordPad=ocgen.dll,OcEntry,wordpad.inf,hide,7

  6. Yang perlu Anda lakukan sekarang adalah sebagai berikut: Misalkan Anda ingin menghapus Ms Word Pad namun program tersebut tidak kelihatan pada jendela Add/Remove Windows Components, maka Anda cukup menghapus kata "hide" (tanpa tanda kutip) untuk menampilkannya dalam daftar. Sehingga akan menjadi seperti ini:

  7. MSWordPad=ocgen.dll,OcEntry,wordpad.inf,,7

  8. Lakukan langkah-langkah yang sama untuk menampilkan program-program yang tidak tampil di daftar Add/Remove Windows Components.

  9. Jika sudah selesai, simpan dengan mengklik menu File => Save sebelum menutup jendela Notepad.

Semuanya telah selesai. Sekarang coba buka jendela Add/Remove Windows Components dengan membuka Control Panel dan klik Add/Remove Programs. Pada jendela Add/Remove Programs klik Add/Remove Windows Components. Cobalah periksa apakah Ms. Word Pad sudah muncul di daftar? Jika sudah, sekarang Anda tinggal menandainya untuk dihapus.
Selamat Mencoba!

Ingin versi PDF? Click link di bawah:
Link 1: Download PDF Menghapus Program Bawaan Windows.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar